Adsense

Selasa, 02 Oktober 2012

Syekh Siti Jenar

Syekh Siti Jenar tokoh yg sangat kontroversi dan simpang siurnya tentang sejarah beliau.Namun bukanlah sejarah yg akan di kupas di sini akan tetapi falsafah beliau yang banyak menjadi perdebatan di kalangan-kalangan tertentu.Yakni tentang ajaran manunggaling kawulo gusti yang sebenarnya adalah bukan ajaran akan tetapi falsafah hidup beliau.Entah siapa yang telah mengkategorikan sebagai ajaran?sebab manunggaling kawula gusti tidaklah dapat di pelajari akan tetapi sebuah hasil dari tirakatan atau jalan kerohanian yang telah mencapai puncak sebagai manusia biasa (bukan Rosul).
Manunggaling kawulo Gusti telah banyak salah peng-arti-an,karena bukanlah manunggaling secara Dzat,akan tetapi manunggalng pada asma,sifat,serta af'al Allah semata. Yang ber-arti lebur (fana)nya segala asma,sifat ,serta af'al(perbuatan)diri.Tinggallah yang ada hanya asma,sifat,serta af'al-Nya semata.Tidak lagi meihat kpd diri sendiri ataupun orang lain sebab orng lain adalah hasil dari sifat dan af'al-Nya Allah.
Tidaklah mudah dan bukanlah sekedar jabaran mentah dalam bentuk bahsa lisan ataupun bahasa tulisan.Inilah ibadah murni karena Allah bukan lagi kata guru atau menurut kitab orang-orng terdahulu.Ibadah yg kadang di luar dari hukum syar'i.Ibadah yang memang harus di sembunyikan.Ibadah yang hanya antara hamba dan tuannya.Ibadah yang tak dapat di nilai oleh apapun atau siapapun.Ibadah yang hanya Allah saja yang tau.Memang sebenarnyalah ibadah kpd Tuhan itu 'tidak ada tim penilai'nya.Atau lebih parahnya pencari nilai dan sekaligus fadilah-fadilah dari peribadatan.Dimana hal tersebut yakni fadilah dalam ibadah telah menjadikan ibadahnya sbg tuntutan kpd Allah,lebih spesifik memerintah Allah dng perbuatan-perbuatannya (af'al diri) yang berarti telah menghilangkan af'al Allah maka yang terjadi adalah Manunggaling Gusti Kawulo.Yang berarti Allah kalah terhadap manusia (makhlukNya).Allah berada dibawah perintah makhlukNya,ketentuan Allah dapat di patahkan oleh manusia dng peribadatan,Allah di atur oleh manusia.Kesalahan yang amat sangat fatal.
Salah satu perintah Allah yang termaktub dalam Al-Qur'an kepada manusia adalah 'masuk kedalam Islam secara keselurhan'.bukan keseluruhan ajaran namun perintah tersebut adalah perintah kepada'diri' yang terdiri dari jasadiah,akliah,kolbiah dan ruhaniyah.

1 komentar:

  1. sangat keritis dalam menilai dan sangat hati-hati dalam melangkah.. hanya orang-orang tertentu yg sanggup melihat.. teruslah berjalan menujuNYA.. semoga doa para mahluk menyertai dan mengiringi setiap detak jantung tuan dan setiap langkah tuan.. aaamiiin...

    BalasHapus